Di Belakang Saya, Kamu.

Apa kabarnya, hey Kamu, mantan kekasih?

Bagaimana keadaanmu sekarang ini? Masihkah sama seperti sebelumnya? Menyulam sesal dari rapuhnya ingatan silam? Semoga saja tidak. Sayapun tidak yakin.

Sebab jujur, saya belum sepenuhnya bisa memahami; waktukah yang begitu tergesa meninggalkan saya, ataukah saya yang terlalu ceroboh mengabaikannya? Dan kamu, berada di bagian yang manakah kamu pada keduanya?

Entahlah, saya kembali tak yakin. Namun yang pasti, saya senantiasa berusaha mengartikan segala hal yang sudah terjadi di antara kita, sebagai suatu jalan keharusan, meski saya sendiri amat ragu akan bisa mengerti arah tujuannya. Saya mengingat, kita pernah menjadi permulaan yang saling menemukan, lalu kemudian menjadi akhir yang saling kehilangan.

Tentang kita, kamu, dan saya; mungkin takkan pernah bisa kembali seperti semula. Setidaknya, bukankah kita bisa berbagi remah dari kenangan yang tersisa, ketimbang harus berpura-pura tegar berdiri di angkuh bebatuan karang kemunafikan.

Kata maaf, mungkin takkan cukup untuk melunasi segala salah. Meski demikian, izinkanlah melalui surat ini saya memohonkan maaf untuk setiap sesalmu terhadap saya. Sungguh, penyesalan terbesar dalam hidup saya; membiarkanmu untuk berkenalan dengan saya, lalu menyesali segala pada akhirnya

Saya tidak akan menanyakan kemana kamu akan pergi selepas ini. Saya hanya mengharap, kelak kamu akan pulang kepada hati yang akan menjadi rumah kekalmu.

Selamat datang kenangan, selamat tinggal angan-angan. Kamu, baik-baiklah hidup di belakang saya.

Dari yang sempat jadi lelakimu; benji.

Leave a Reply

