Ketika Dia Merasa Bosan

Setiap merasa bosan,
dia selalu berkata; Kamu berubah!
Saya berusaha keras mengingat,
bagian manakah di diri saya yang telah berubah.
Saya masih mencintainya,
dan selalu berusaha memberikan yang terbaik,
seperti biasanya.
Saya pun masih mengharapkannya;
untuk menjadi pendamping hidup kelak pada waktunya.
Saya pun masih meneguhkan hati dengan setia.
Merendahkan pandangan kepada setiap wanita,
dan menutup telinga pada semua rayuan penuh goda.
Jadi apa yang sebenarnya berubah? Bukankah dia yang telah mengubah diri saya menjadi serupa dia?

Setiap merasa bosan,
dia selalu berkata; Kamu tidak pernah ngertiin aku!
Bagian dirinya yang mana yang tidak tak saya mengerti.
Saya mengerti semua kebiasaan yang ia senangi.
Saya mengerti, dia adalah seorang wanita yang harus dijaga dengan sebaiknya.
Saya mengerti bahwasanya dia bukanlah sebuah boneka yang harus saya mainkan.
Saya mengerti jika dia tidak perlu seruan dari saya untuk bisa melakukan sesuatu.
Saya mengerti dia memerlukan kebebasan untuk memerdekakan diri.
Lantas apa yang belum saya mengerti?
Tidakkah dia mengerti akan semua pengertian saya?

Setiap merasa bosan.
Dia selalu berkata; Aku udah gak tahan lagi!
Seingat saya, tak pernah sekalipun saya menyuruhnya untuk melakukan hal berat.
Dia sering mengeluhkan tentang perhatian saya yang kurang.
Waktu saya pun sedikit, katanya.
Padahal dia tidak tahu secara pasti, betapa inginnya saya untuk diperhatikan. Bukan sekadar menjadi pasangan yang bemuka malaikat,
dan dengan sabar menerima semua keluh kesahnya.
Sedang dia enggan untuk menjadi bidadari yang menebar damai di setiap kepak sayapnya.
Jika benar dia tak tahan,
lalu mengapa dia masih saja menawan perasaan saya cintanya?

Leave a Reply

